Pages

Thursday, January 24, 2013

Kebanjiran euy...

Tepat seminggu yang lalu tgl 17 Januari 2013, jam segini gw uda lagi ngungsi di rumah nyokap, yang jaraknya cuma beda 2 rumah doang hehehe...

Yup bener pasti uda pada tau kalo tgl 17 itu hari bersejarah bagi warga jakarta. Hampir seluruh kawasan di Jakarta ngerasain banjir. Tak terkecuali gw :) Banjir kali ini bener-bener parah. Biasanya tuh di daerah tempat tinggal gw, kalo banjir paling cuma jalanannya aja dan itu pun cepet surutnya, tapiiii..kali ini sampe masuk rumah. Baru pernah ngerasain rumah kebanjiran. Padahal cuma sekitar 15-20cm aja..rasanya uda ga betah pengen cepetan surut, apalagi yang kena banjirnya sampe semeter yak...

Tgl. 15 Jan' 13
Cuaca uda ga bersahabat, dari pagi uda mendung terus. Laki gw nyuru gw ke kantor bawa mobil aja, biar pulangnya gampang. Gw pikir iya juga daripada gw nunggu angkot. Biasanya kalo musim ujan gini angkot susah, lama & sekalinya lewat uda penuh.Jadilah gw ke kantor bawa mobil. Bener aje seharian ujan angin kenceng banget. Gw uda was-was aja mikirin pulang pasti macet karena pasti banyak 'genangan' di mana-mana. Ternyata pas waktunya pulang kantor uda ga ujan walaupun awan masih mendung. Pulanglah gw takut keburu ujan lagi. Jalanan sepi ga ada mobil di depan gw. Eeeeh...pas belokan deket gerbang rumah gw ada pak ogah gitu yang bantuin mobil pada puter balik. Dan sekitar 2 meteran dari situ gw liat sudah banjiiir...Bingung lah gw. Ga berapa jauh dari situ gw liat 2 cewe lagi jalan kaki nglewatin banjir itu, gw perhatiin cuma sebetis tuh cewe. Aaah itu mah keciiiil...mobil gw mah bisa lewat kalo cuma segitu doang banjirnya. Gw labas deh tuh...maju terus pantang mundur. Dan ternyataaaa...semakin kesana banjirnya makin tinggi. Pas gw lewat aje tuh aer tingginya uda hampir sekap mobiiil. huaaaa panik deh gw. Pas di tengah-tengah banjir gitu ada mobil yg lawan arah ngasih dim minta lewat duluan, gw tetep ga mo berenti gw tetep jalan cuman agak minggir aja. jadi kita berdua bisa sama-sama lewat. Gw takut kalo gw injek rem malah mati mesin mateng dah gw mogok di tengah banjir. Jadi gw injek rem terus sambil panggil tuhan Yesus terus. Syukurlah sampe nglewatin banjir & sampe di rumah mobil gw lancar jaya. Di blok rumah gw sama sekali ga banjir. Thanks God

Tgl 16 Jan' 13
Awan putih cukup cerah lah dibandingkan hari sebelumnya meskipun kadang diselingin hujan rintik-rintik. Berangkat kerja rasanya males banget karena uda denger kalo di mana-mana macet, tapi berhubung gw banyak kerjaan diniatin deh ke kantor. Berhubung kemaren gw kena banjir di gerbang perumahan gw, gw coba lewat jalan lain yang menurut gw seharusnya ga banjir. Emang bener tuh jalanan ga banjir, tapiii macet paraaah...biasa 20 menitan uda bisa sampe kantor, ini hampir sejam baru nyampe. Ampun deh. Menjelang sore gw buru-buru pulang. Temen kantor gw ada yang nebeng. Rencana mo lewat jalan yang tadi paginya gw lewat. Gw pikir gpp lah macet yang penting ga kena banjir, dan ternyataa...lewat situ ga gerak sama sekaliii. Ga tau kenapa. Hampir setengah jam paling jalan cuma 3-4meter. Padahal mah biasa setengah jam gw uda sampe rumah ituu..Gw liat banyak mobil di depan yang puter balik lawan arah, yasutralah akhirnya gw ikutan puter balik deh. Nekat mo lewat gerbang perumahan gw berbanjir-banjir ria lagi. Eeeh pas lagi ngantri mo lewatin gerbang perumahan gw, tau-tau pintu gerbang perumahan tetangga yang biasanya di tutup n yang boleh masuk cuma warga perumahan itu doang yang mobilnya pake stiker di buka sama hansip, n gw liat ada mobil box yang ikutan masuk sambil nyodorin sesuatu ke tuh hansip. Langsung deh banting stir ke kiri n ikutan nylonong masuk gerbang perumahan sebelah itu sambil ikutan nyodorin hehehe...Dan sampe rumah gw ga kena banjir n ga kena macet sama sekali. Jalanan rumah kering sekering keringnyaa.

Dan lewat tengah malam bencana itu pun di mulai...

Tgl 17 Jan' 13
Ga tau tepatnya jam berapa hujan mulai mengguyur lumayan gede. Kita tertidur nyenyak banget. Gw kebangun sekitar jam stgh 6 pagi, masih hujan gerimis. Males rasanya keluar dari selimut. Gw masih di tempat tidur merem-merem lagi. Sekitar jam 6 lewat, alarm hp laki gw bunyi, dia kebangun langsung ngliat ke jendela. Langsung dia bilang 'wah banjir nih' Buru-buru dia ke arah pintu kamar di ikutin gw, dan sodara-sodaraaaa...di depan pintu kamar aer uda masuuk sekitar 5 cm. huaaaaa....laki gw buru-buru naekin barang2 yang untungnya beberapa hari sebelumnya sama dia uda di pak-pakin dus untuk antispasi banjir. Jadi lumayan lah nylamatinnya lbh mudah. Gw siapin barang-barang yang mo dibawa ngungsi ke rumah nyokap. Baru sekitar 15 menitan kita angkut2 barang, hanya sepersekian detik tuh air langsung naik jadi sekitar 15-20 cm loh (Ga kebayang yah tsunami waktu itu yang naiknya pasti lebih cepet dr yang gw alami ini). Di ikuti dengan listrik mati. Lengkap lah sudah...

Ga berapa lama nyokap dateng bantuin gw bawa barang-barang, gw n aira ngungsi. Laki gw jaga kandang sambil beres-beres barang yang masi bisa diselamatin. Di jalanan air uda sedengkul. Rumah nyokap gw juga kebanjiran (ya iya lah wong cuma berjarak 2 rumah doang hehehe). Tapi untungnya rumah nyokap gw tingkat. Jadi kita bisa ngungsi di atas :)

Di mulai lah hari-hari yang penuh H2C menanti kapan surut & berdoa minta jangan ujan biar banjirnya jangan makin naek n listirk cepet nyala.Tiap hari cuma bolak balik ke balkon ngliatin uda surut blom tuh air. Aira juga uda kelabakan bosen ga bisa ngapa-ngapain. Tiap malem ga bisa tidur pules kepanasan.

ada air di rumah (nyokap)kuuu..uuu...
 
pemandangan dari balkon... 

sejauh mata memandang cuma air yang terlihat hiks...


xixixi...ada anjing berenang lewat depan rumah

ini foto yang dikirim temen gw yang pada masuk kantor


 
banjir di depan kantor

temen kantor yang nyebur untuk menaklukkan gerbang  :)

 ga kebayang dalemnya deh...

sepanjang jalan menuju kantor penuh perjuangan boo...

Tgl 19 & 20 Jan' 13
Air di dalem rumah uda mulai surut, yang dijalanan masih ada tapi uda ga setinggi kemarennya. Bersyukur banget ngalamin banjir di dalem rumah cuma 2 hari saja. Mulai lah kita berharap PLN secepatnya nyalain listrik. Kan uda ga banjiiir....tunggu punya tungguuuu....sampe hari minggu banjir di jalanan aja uda keriiiing, listrik ga kunjung nyala *Arrrgh...ngebetein banget deh. Ditambah hari minggu siang ada insiden maling ketangkep segala. Cukup menghibur laaah (sekaligus tegang) Di kala ga ada tv ada tontonan menarik :) Gw ga gitu jelas juga sih ceritanya  cuma liat dari balkon n ngintip2 dr pager aja. Sekilas gw denger sih dia mo maling motor tapi blm sempet ngambil tuh motor uda keburu ketauan. Ditanya bae-bae malah ngelawan n berusaha nonjok hansip plus lari mo kabur, yasutralah di teriakin maling n mungkin berhubung lagi banyak orang yang di rumah lagi  pada bersih-bersih jadi makin banyak deh tuh yang ngejar. Ketangkep pas di samping rumah nyokap. Ditonjok-tonjokin n sempet nyemplung di got segala. Seru deh...Pas gw ngliat orangnya ajigileee ga ada tampang maling boo..badannya tinggi n bersih, tampangnya juga boleh laah...kasarnya nih yaaa kalo kepepet dia jual diri juga laku laaah...ampun deeeh...Sampe orang-orang kampung di belakang perumahan gw pada berdatangan seakan lagi nonton layar tancep :) Tapi tetep aje tuh orang ga mo ngomong loh. Sampe akhirnya di bawa ke kantor polisi. Ga tau deh gimana akhirannya tuh. Gosip yang beredar sih tuh orang streez..au deh...

Tgl 21 jan' 13
Gw ngantor naek bajaj berhubung mobil gw mogok entah kenapa padahal ga kebanjiran. Dan di dalem kantor kebanjiran sekitar sedengkul lebih. Genset, pompa air pada rusak, kursi & 2 motor kerendem banjir. Plus dokumen2 temen gw yg di bawah pada basah semua.Berhubung laki gw hari ini ultah, rencananya mo beliin kue, pulangnya mampir ke Holland kue tart kosong ga bikin katanya. Akhirnya malem-malem sekalian beli sayur, gw mampir ke bakery deket rumah, ternyata sama aja blm bikin kue tart. hiks gagal dweeeh....yasutralah cuma dapet ucapan & kiss saja :)
 
Dan sodara-sodaraaa....listrik baru nyala tgl 22 Jan' 13....Seneng bangeeet....Sorenya langsung balik rumah lagi...baunya harum semerbak...Bersihin kulkas n pas di buka baru keingetan di dalemnya ada udang, kebayang dong baunya kayak apa tuh udang 5 hari di kulkas tanpa listrik hahahaha....Sampe sekarang rumah masih bau apek plus busuknya udang masi menyebar seantero rumah. Yang nyamana cuman kamar doang :) Bentar lagi mo ke c4 lah beli pengharum kulkas  & ruangan biar segeran nih rumah :) Untuk sementara tumpukan barang2 tetap pada posisinya, ga di utak atik dulu, takut ada banjir lagi.

Btw, Terima kasih Tuhan yang uda ngasi kekuatan & kesehatan buat nyokap. Selama banjir dia yang tetep nyiapin makanan, bolak balik naik turun tangga, n bersihin rumah pas uda surut. Cuma dibantuin cici gw. Ada ii gw sih tapi selama banjir dia malah ga ikut bantuin alesannya ntar kakinya gatel-gatel n lagi ga enak badan *haiiiiz* Sementara gw & aira cuma boleh diatas aja berhubung gw lagi hamdun :)

Denger-denger tgl 27 Jan' 13 mo ada banjir susulan yang lebih dahsyat dari ini. Duuuuuh...semoga jangan terjadi deeeh..cukup sudah jangan banjir lagi yaaa....

6 comments:

th3sea said...

syukurlah ga lama ya banjirnya cyn. yuk sama2 berdoa biar tanggal 27 ga banjir lagi. aminnnnnnnnnnnnnnn...

Mamana Clo said...

Semoga ga banjir lagi ah.. cukup yg kemaren itu... seremmmm... skg gw parno nih.. tiap kali liat mendung udah was-was hehhee...

Pucca said...

wah baru tau lu lagi hamdun. congrats ya cyn, banyak juga yah yang ultah di kala banjir.
gua pernah dulu begitu juga, kasih apapun di kulkas tetep masih bau, akhirnya gua buka frizernya sambil nyalain beberapa jam baru ilang baunya loh..

Pucca said...

wah baru tau lu lagi hamdun. congrats ya cyn, banyak juga yah yang ultah di kala banjir.
gua pernah dulu begitu juga, kasih apapun di kulkas tetep masih bau, akhirnya gua buka frizernya sambil nyalain beberapa jam baru ilang baunya loh..

debby tondo said...

iya tuh ya kalo abis banjir baunya semerbak banget deh, sekolahnya alden kan abis kebanjiran juga cyn trus pas kmrn itu kata suami masih ada baunya, soalnya dulu rumah mertua pernah kebanjiran juga, air dan listrik mati jd dia lebih pasrah dibanding gue yg sok tenang padahal panik haha

beneran deh jangan banjir lagi...

Cyntha said...

@ dessy, iya jangan sampe banjir lagi yaa...amiin

@ xiao, iya...males bangeet apalagi kalo banjirnya msuk rumah :(

@ viol, thanks ya..gw ga tahan baunya menyengat bgt viol..kalo dibuka serumah baunya. kalo ditutup lebih mendingan dikiiit :p

@ deb, sama sekolahnya aira jg kebanjiran, br gw bolehin msk tgl 22nya, biar agak lamaan dulu. jd ud bersih :) gw ga betah sama mati listriknya itu loh...ampun deh..bener-bener menderitaaa :p