Pages

Saturday, December 10, 2011

bye-bye pe peng

Sejak masih bayi sebenernya Aira ga mengenal kata empeng....karena gw sering denger katanya anak kalo ngempeng pertumbuhan giginya jadi kurang bagus, n bakalan susah nglepasnya. Makanya itu dari bayi gw ga pernah kasi meskipun pas lahiran ada kado yang salah satu isinya itu empeng.

Baby Aira ini semakin besar semakin reweeel pisan...kalo ngantuk bukannya tidur malah 'liar' bentar-bentar njerit, nangis, dll. Berawal ketika Aira berumur sekitar 1,5 tahun lah, papanya mencetuskan ide untuk coba kasi empeng aja biar ga berisik :) Tadinya gw agak-agak nolak gimanaaa...mengingat akibat dr ngempeng itu. Tapi papanya bilang kalo empeng dikasi buat kalo Aira pas mo tidur aja. setuju lah gw akhirnya...

Emang manjur loh ! Sejak pake empeng Aira gampang tidurnya, ga pake rewel. Tinggal masukin tuh empeng ke mulutnya...nyut nyut nyut... ga brapa lama langsung deh pules :)

Berhubung kado empengnya itu merk Huki, ya pertama kali itu gw kasi itu deh. Tapi berhubung Huki ga ada tutupnya, jadi waktu itu gw mo cari merk lain yg pake tutup. Anehnya gw coba beliin empeng merk lain Aira ga mau loh. Kenapa ya ? Beda dotnya kali yak :) Yasutralah akhirnya gw beli merk Huki lagi buat cadangan.

Seiring berjalannya waktu...empeng semakin menjadi idola. Bukan hanya Aira, kita pun juga semakin terlena n ketergantungan dengan si pe peng. Kalo pergi kemana-mana pasti deh si pe peng ga pernah ketinggalan. Soale takut pas lagi di jalan Aira ngantuk, kalo ga ngempeng dia ga bisa tidur n berakhir dengan ke'liar'annya itu. kadang gw malu juga sih kalo lagi ngemol, Aira mo tidur n minta pepeng. Anak uda gede masi pake empeng :P

Ga berasa Aira uda memasuki umur 3 tahun...
Empeng yang tujuan awalnya cuma buat pengantar tidur aja mulai melenceng. Pas lagi nonton, main pun Aira minta pe peng *tepok jidat* Pokoke frekuensi pake empeng bukannya berkurang malah makin seriing...tiap saat n dimana saja....Ngomong pun tuh empeng masi di mulut *tepok jidat* Gw pernah denger juga kalo pake empeng anak jadi males ngomong n lebih suka ngenyot empengnya. Dan memang perkembangan bicaranya Aira termasuk terlambat. Selain itu kita perhatiin kalo gigi atasnya semakin maju pertumbuhannya. Khawatir lah kita...

Papanya uda sering bilang suru empengnya di gunting. Tapi untuk melakukan itu rasanya gw koq ya gw ga tegaaa...gw tunda-tunda mulu...mikirnya uda yang jelek-jelek aja. Ntar kalo Aira ga ngempeng dia ga bisa tidur, ga tega kasian ntar Aira nyariin empeng kesayangannya, dll. Intinya ga mo repot dweeh :P

Dan taraaaaa....hari ini pas sebulan Aira uda ga pake empeng :)

Jadi critanya tuuh bulan lalu gw akhirnya bertekad Aira harus secepat mungkin bisa lepas dari yang namanya EMPENG. Pas hari itu papanya pulang malem. Di rumah cuma gw n Aira aja.Tau-tau sekitar jam 7 malem lah terlintas aja tuh gw pengen coba potong dot empengnya. Tadinya gw cuma gunting ujungnya doank sekitar 0,5 cm. Gw pikir kalo sampe Aira nangis-nangis n gw ga tega yaa mau ga mau gw keluarin deh empeng yang satunya :P

Tiap dia minta pe peng gw tunjukin terus gw bilang empengnya di gigit tikus. Kasiaaan deh ngliat tampangnyaaaa....ngliat tatapannya yg memelaaas....kehilangan barang kesayangannya. Alhasil malam itu Aira ga bisa tidur loh. Uda ngantuk berat tapi ga tidur-tidur. kadang ngomong minta "pe peng" tapi ga tau malam itu gw bener-bener bisa tega loh ga gw kasi sama sekali. Akhirnya Aira baru tertidur hampir jam 3.30 dini hari :P Malam itu papanya sempet ngomong kalo emang mo lepas empeng harus bener-bener. Jangan nanggung. Malem ini ga dikasi tapi besokannya di kasi. Yang ada ntar anaknya jadi kasian n makin susah lepas empeng :P

Besokannya gw kasi tau nyokap kalo empengnya Aira uda di gunting. Lagi dibiasain ga pake empeng. Pulang kantor, nyokap malah ngasi tau kalo tadi siang malah empengnya dia pangkas lagi soalnya pas siang-siang Aira masi minta n meskipun uda gw gunting sama Aira tuh empeng tetep di kenyot. penasaran kali tuh anak :P

Hari-hari berikutnya, dia kadang masi suka nanyain empengnya n selalu kita tunjukin n bilangin kalo empengnya uda di gigit tikus dengan mimik jijik critanya :P Trus kalo gw lagi maen inet. Gw tunjukin gambar-gambar gokil baby yg giginya pake gigi2 tonggos gitu. Trus gw bilangin "Aira tuh liat tuh dede giginya jelek ya. gara-gara pake pe peng nih...iiih jeleek ya" N berangsur-angsur dia mulai jarang minta pe peng n sekarang dia uda bener-bener ga pernah nanyain lagi pe pengnya dia loh :)

Syukurlah Aira termasuk gampang terlepas dari empeng :)

BYE BYE PE PENG ^__^

6 comments:

BabyBeluga said...

Dulu waktu kecil gw juga ngempeng banget, akhirnya ama nyokap diajak ke toko, beli boneka. Empengnya dituker ama bonekanya, alhasil, gw nempellll banget ama boneka tsb, sampe udah jelek juga tetep gw sayang2. BTW sampe sekarang bonekanya masih ada tuh. Anak2 gw blg bonekanya serem......

Once in a Lifetime said...

Syukur ya gak susah lepasnya. Denzel bukan ngempeng dulu tp isep jempol sampai kapalan haha.. Emang bisa ngerusak struktur gigi, wkt itu juga udah cemas lihat giginya jadi agak maju, untung 2 thn bisa stop.

Clo said...

ikut bersyukur.. gw juga dulu udah kuatir banget clo1 ngisep jempolnya terusssss... akhirnya lepas juga..

tapi sekarang masalah baru nih.. gigitin kuku.. udah hampir setahun ga pernah guntingin kukunya karena kukunya selalu dalam kondisi setengah.. abis digigitin :(

Cyntha said...

@ sil, wah elo malah lbh gampang yak cm disogok boneka lgs lepas :D

@ el, iya 2 gigi serinya aira jg agak maju tuh :( makanya gw mulai cemas n buruan diniatin deh nglepasnya ^__^

@ xiao, skrg jg masi xiao ? gimana cara biar ga gigitin kuku ya xiao ? lbh susah yak

Selvi said...

jaman brandon bayi dikasih empeng malah nga mau jadinya tuh empeng gua hibahkan ke keponakan gua secara masih baru.

jadi bradley nga ngempeng juga.

kalo di keluarga franky sih pasti pake empeng biar anteng tidurnya, nah di keluarga gua nga ada tradisi empeng.

bye bye pepeng. muach muach buat aira. oiyah mau request kado apa nih? *twink twink*

Pucca said...

hebat juga aira cepet lepas empeng cyn, kan biasanya susah trus jadi rewel, kebayang gua tampang aira yang sedih pas empengnya digigit tikus, pasti lu juga sedih ya, tapi gpp kan buat kebaikan :D