Pages

Wednesday, June 20, 2012

Field Trip & Raport Pertamaku

"tenang aja...pasti bisa sekolah lah anak kamu"

Terngiang perkataan kepala sekolahnya Aira setahun yang lalu waktu pertama kali gw daftar sekolah :)

Waktu itu gw khawatir banget Aira ga mau sekolah...secara tuh ya ni anak pemaluuuu pisan.Ketemu orang aja ngumpet nangis.Selain itu Aira ga bisa diem semenit pun. Asli gw wkt itu khawatir ni anak bakal mogok ga mau sekolah. Makanya itu salah satu alasan gw milih sekolah di Andreas, karena di sini masuk PG blom dikenakan uang pangkal :P plus guru PG disini terkenal bisa ngemong n sabar banget :) 

Ga berasa uda setahun Aira sekolah. Banyak banget cerita-cerita selama di sekolah. Banyak banget perkembangan-perkembangannya setelah si unyil ini bersekolah. Sayang emaknye muales pisan ngeblog. Jadi banyak yang lupa nih :P Yang pasti sekarang ini Aira uda lumayan. Kalo ketemu orang uda ga pake nangis, ya paling ngumpet-ngumpet dikit sambil nglirik malu-malu kucing lah hahahaha....

Awal-awal sekolah selalu aja bertingkah *sigh* tiap pagi kalo di bangunin pasti nangis. Kadang malah ga mau pake baju seragam. Maunya pake baju biasa atau misal pas hari itu harusnya pake baju olahraga eh Aira malah maunya pake baju kotak-kotak *sigh* Di hari berikutnya maunya pake sepatunya dipakein pho2nya, kalo gw yang pakein kaga mau. Di hari berikutnya maunya nonton tv dulu baru mau mandi padahal uda jam 8 lewat banyaak :P Di hari berikutnya ga mau mandi, Di hari berikutnya ga mau jalan maunya di gendong. Tiap pagi tuh pasti adaaa aja. kudu brantem dulu. Pokoke tiap ke sekolah pasti tuh mata Aira sembab abis nangis-nangis di rumah hahaha...Tiap hari si pho2 laporannya maluuu terus :P  

Blom lagi kelakuan Aira di sekolah. Ceritanya tuh pho2 khawatir Aira kelaperan. Jadi tiap pagi  sebelum berangkat sekolah disuru minum susu dulu. Kalo ga mau or blom abis, tuh botol susu dibawa n pas uda sampe sekolah disuru di minum dulu di bajaj. Dan tahukah sodara-sodaraaaa...tiap hari pula si pho2 dapet laporan bahwa Aira muntah :P Aira tuh anaknya perasa banget. Kalo ada yang ga berkenan bagi dia , langsung deh senjatanya berlagak muntah. Akhirnya suatu hari di coba ga dikasi susu, dan tahukah sodara-sodaraaa...hari itu pula ga ada laporan Aira muntah. So diputuskan lebih baik pagi ga usa dikasi susu dah :P

Selain laporan muntah, tiap hariii phopho dapet laporan bahwa Aira ga bisa duduk manis. Sampe-sampe gurunya bilang Aira kayak satpam. Yang lainnya mah  pas di kelas anteng duduk. Kalo Aira kata gurunya selalu kelilingan dari meja ke meja ga bisa duduk lebih dari 2 menit hahaha.... trus cuek bebek. ga mau bergaul sama temen-temennya. semaunya sendiri lah pokoke.

Seiring berjalannya waktu, kira-kira awal tahun lah Aira mulai jarang nangis kalo dibangunin.  Uda mau ngerti di kasi tau hari apa bajunya apa. Dikasi tau kalo Aira pake baju salah phopho malu dimarahin sama bu guru. Padahal mah gurunya ga pernah ngomelin si phopho. Di sekolah pun juga uda mau ngikutin pelajaran meskipun masih tetep jadi satpam di kelas :)  Uda mau maen sama temen-temennya. Aira uda mulai enjoy sekolah :)

Dalam hal pelajaran pun awal-awalnya ga kalah memalukannya  :P  Nilai K, C- bertebaran di mana-mana wkwkwk...terutama di pelajaran mewarnai.  Sampe-sampe guru bahasa inggrisnya pernah ngasi note "Lazy" "Don't Be Lazy Aira" Mamanya ngeneees  pas nandatanganin bukunya. Jadi kalo pas mewarnai dapet C aja mamanya uda seneng banget :P ga muluk-muluk lah bisa ngedapetin nilai B

O iya tanggal 4 mei kemaren ada field trip. Sebelumnya ortu di suru milih mo ke Taman Safari or apa gitu gw lupa. Dan Terpilih lah Taman Safari. So ke sana lah kita. Pendamping dikenakan biaya 250k. Phopho ga mau soale malemnya mo ke purwokerto. Jadilah mamanya yang dampingin. Di suru ngumpul jam 7 pagi. Jauh hari uda deg-degan aja tuh bakalan ketinggalan bis secara gitu loh masuk sekolah jam 9 aja telat muluuu apalagi dateng jam 7 wkakaka....para mama uda kasak kusuk mau prepare bawa makanan kesukaan anaknya masing-masing takut ntar anaknya ga doyan makanan yang dikasi dari sekolah. Jadilah si phopho laporan suru siapin makanan yang Aira suka yang banyak biar cucu kesayangannya ntar disana ga kelaperan. Sampe ada yang bawa termos air panas buat bikin susu anaknya :)

Pas hari Hnya untung aja Aira kooperatif :) mamanya uda bangun dari jam 6 siap-siap. Phopho juga dateng bikinin mie goreng, nugget. Jam 6.30 phopho pulang, Aira dibangunin, mandi siap-siap.Jam 7 berangkat. Sampe sekolah jam 7.15 ternyata kumpulnya molor. Anak-anak disuru ngumpul di lapangan jam 7.30 absen, nyanyi-nyanyi dulu biar pada seger, berdoa, baru deh naik ke bis berangkat. Aira pas naik bis langsung teriak WOOOW norak bangeeeet :P

O iya taukah sodara-sodaraa...bawaan mamanya Aira apa ajaa *wink-wink* 1 tas ransel gede isinya : 2 stel baju ganti + jaket Aira + jaket mama + 2 botol minum + 1 tempat mkn isinya nasi + 1 tempat mkn isinya nugget + taro + 3 susu uht + dompet hp. Selain itu bawa tentengan tas goodie isinya : 1 botol minum +  1 botol susu + 2 box jco isi 4pcs donat + 1 tempat makan isinya mie goreng buat Aira + 1 tempat makan isinya mie goreng buat mamanya (rencananya mo di makan pas di sekolahan tapi ga jadi). Pas sampe di sekolah mamanya Aira syok ngliat mama-mama pada bersliweran cuma bawa tas ransel sekolah doank. Malu donk eike...langsung dah di mobil bawaannya di bongkar lagi :P 1 tas ransel gede isinya : 1 stel baju ganti plus kaos aja + jaket Aira + 1 botol minum + 1 tempat mkn isinya nasi + 1 tempat mkn isinya nugget + taro + dompet hp + 1 tempat makan isinya mie goreng buat Aira + 3 susu uht. Trus tentengan tas goodie isinya cuma : 2 box jco isi  4 pcs donat + 1 botol minum saja. Sama juga boong yak tetep aje bawaannya 2 tas wkakakaka....

O iya pas uda dikumpulin per kelas, eike ga jadi malu. Ternyataa yang mamanya Aira liat  mamanya pada bawanya cuma tas ransel sekolah doank itu anaknya uda TK. Mama-mama temen kelasnya Aira hampir semuanya bawa 2 tas hehehehe...

Di dalam bis Aira makan donatnya 2pcs. Lumayaaan ngenteng2in bawaan :) Eeeh pas mau masuk tol di bagiin sarapan. Buat anak di kasi roti + minuman + tango +  3pcs permen. Buat mamanya di kasi roti + arem-arem + minuman. Punya Aira ga di makan. Mamanya cuma makan roti n minumnya doank.  Jadilah bawaannya bukan berkurang malah bertambah *hiks*

Masuk tol, langsung Aira tepar tidur sepanjang jalan :) Bangun-bangun uda mo sampe Taman Safari. Sebelum kelilingan liat binatang, pada turun ke toilet n lempengin kaki. Abis itu di bagiin makanan buat makan siang. Ternyata eh ternyataaa...di kasinya KFC yang secara Aira doyan banget. Jadilah nasi n nugget uda bisa dipastikan ga mungkin kemakan & uda dipastikan bakalan berat-beratin tas sajah *tepok jidat*


Setelah pada selesai makan, bis mulai keliling liat binatang. Kelar liat binatang. Mamanya Aira berasanya naek mobil yang mana pan bisa keliling-keliling liat atraksi sampe ke atas. Mamanya Aira ga inget kalo bis itu ga bole naek sampe atas. Jadilah di halte bisnya kita disuru turun. Ga mungkin kaaan mamanya Aira bawa-bawa 2 tas plus anak. Akhirnya nasi n nugget plus tas goodie gw tinggal aja lah di bis.

Gw kira tuh kita-kita bakalan di kumpulin di suatu tempat gitu or di arahin sama sekolahnya abis ini kemana gitu. Eh ternyata kaga. Ternyata acara bebas. Suka-suka aja kita mo kemana. Yasutralah gw ngekor aja sama mamanya Lovely, sohibnya Aira di sekolah.

Jalan kaki kita ke tempat atraksi burung. Aaah cemeeen...jalan kaki ke sini maaah. ga gitu jauh soale :PSetelah selesai. mamanya Lovely ngajak ngliat atraksi harimau. Sayang ketinggalan uda keburu abis. Jalan kaki lagi terus ke atas. Di tempat penguin, kita ketemuan sama mama-mama yang notabene sohibnya phopho :) Dari situ, kita nglewatin gajah. Dan tanpa ragu-ragu Aira minta naik gajah *tepok jidat* Seumur-umur mamanya Aira blom pernah yang namanya naek gajah. Jangankan gajah, kuda aje kaga pernaaah...Ga diturutin kasiaan, Aira naek sendiri juga ga mungkiiin. Dengan memberanikan diri akhirnya mamanya Aira beli 2 tiket dah. Malah dititipin Kaylen sama mamanya :P

pengalaman tak terlupakan untuk (mamanya) Aira


foto bareng sohib kelasnya :)

Setelah naek gajah, lanjut jalan lagi naek ke atas pada mau nonton atraksi lumba-lumba. Sepanjang jalan Aira maunya lari-lari mulu. Yang ada mamanya kudu ngejar-ngejar sambil gembol ransel di punggung. Kaki mulai berasa pegel booo...hiks

 Selesai atraksi lumba-lumba mamanya Aira pengen Aira ada kenang-kenangan foto sama lumba-lumba. Aira ditanya mau foto ga. Jawabnya mau. Jadilah mamanya beli tiket yang biar bisa masuk + foto sama lumba-lumba. 40k keluar dah. Rame pisan. Banyak dari sekolahan lain yang juga pada ngantri foto. Pas antriannya masi panjang sih Aira hepi-hepi aje malah bergaya foto-foto sendiri. Eeeh pas uda mo gilirannya, Aira nangis-nangis "no mamaaaa no mamaaa"  sambil berusaha mo keluar. Haiiiiss...ude bayar Airaaa...akhirnya tarik-tarik Aira n gendong paksa :P Untung tukang fotonya pinter ngambil fotonya lumayan oke. Jadi ga nyesel dweh.

sambil nunggu giliran fotonya bergaya-gaya

Beberapa mama yang lain uda pada pergi. Jadilah tinggal mamanya Aira sama mamanya Kaylen. Mamanya kaylen uda ga sanggup jalan kaki turun ke bawah. Mamanya Aira juga sih, tapi harga diri donk kalo ngomong duluan ngajak naek kereta hehehe...Dia ngajakin naek kereta yang dari tadi emang bersliweran di dalam Taman Safari ini. Per orang kalo ga salah bayar 15k. Dan ternyata sodara-sodaraaa...naek kereta ini kita cuma bayar sekali doank tapi boleh bolak balik naek turun di mana saja. Walaaaaah...tau gitu mah dari tadi aje naek keretaaaa  *tepok jidat* Jadinya rugi dah 15k cuma naek one way doank hehehe :P

Setelah turun, Aira minta naik kereta yg di baby zoo. Tiketnya 10k/orang. Awalnya sih terang, tau-tau nih kereta masuk gua kayak istana boneka gituuu cuman kalo istana boneka kan musik & isinya bikin hepi, kalo ini musiknya suara dinosaurus yang menyeramkan & isinya patung dinosaurus yang gwede-gwede plus gelap pisaan...Aira ketakutan, gw suruh merem ga mau. Penasaran dia xixixi.....Keluar-keluar minta beli eskrim seharga 20k.

Jam 15.00 kita kumpul lagi di halte bis, siap-siap pulang. Nungguin bisnya luamaaa...Aira uda cranky ngantuk. Disuru berbaris ga mau. Maunya minta gendong. Akhirnya gw gendong 5 menit kemudian langsung tidur. Jadilah mamanya depan gendong Aira belakang gendong tas yang ga berubah isinya hahaha *ngelap keringet*

Jam 15.30 baru tuh bis nongol. Sepanjang perjalanan pulang muaceeet pas jam pulang kantor sih. Di bis di kasi snack lagi n tiap anak-anaknya di kasi goodie isinya tas sekolah tenteng. Sampe skulnya Aira uda hampir jam 8 malem. Badan mamanya rasanya remuk. Kebetulan lagi ada misa Jumat I. Eh Aira minta mampir gereja dulu. Akhirnya cuman ambil air suci terus mamanya paksa pulang :P

Ude cape berat pinggang rasanya mo patah, eeeh si unyil bikin gara-gara. Pas gw lagi nyetir, dibelakang Aira rempong nyari-nyari foto dia sama lumba-lumba. Uda dibilangin ntar di rumah, dia ga sabaran buka-buka tas malah nemu mie goreng yang dari pagi ude gw gembol-gembol di tas. Dan sodara-sodaraaa tuh mie tumpah...aaarrrgggh ngamuk lah mamanya. Sampe rumah beresin tuh mie yang berserakan *sambil ngomelin Aira*

Mandi-mandi, kita makan mie goreng yang di tempat makan satunya, nugget kita sikat semua. Herannya Aira masi seger bugeeeer mamanya sih langsung tepar di kasur :P

Tanggal 14 Juni pembagian raport kenaikan kelas.Mamanya seneng banget ternyata semester I & semester II nilai-nilai Aira banyak perubahannya. Yang dulunya pas semester I banyakan nilai C-nya, di semester II nilainya banyak B-nya  :)


Nilai Hubungan dengan orang lain juga banyak perkembangannya :) cuman nilai pengembangan sosial & emosionalnya ga ada yang berubah hahahaha...nangis masih seriiiing hahaha...

Pas ngambil raport gurunya ada cerita, katanya pas pelajaran meronce, Aira baru masukin beberapa biji roncenya, tau-tau dia maju ke depan ngasi ke gurunya. Sama gurunya ditanya " Aira uda selesai ?" di jawab Aira "uda" :) Gurunya ngomong "Ini belum selesai. Liat niiih masih sedikit. Ayo Aira lanjutin lagi" Aira balik lagi ke kursinya. ngeronce lagi cuman lama ngerjainnya. Temen-temennya uda mulai pada maju n cuci tangan. Aira ikutan maju lagi. Gurunya bilangin lagi "Ini Aira blm selesai. Kalo uda selese baru cuci tangan" Langsung dah matanya mulai berkaca-kaca mo nangis hahaha...Akhirnya katanya, gurunya ikut ke bangkunya Aira suruh kerjain sampe selese sambil gurunya ngomong gini "Nah iya begitu, ayo masukin lagi. Nah Aira bisa kan. pinter ya" Dan sodara-sodaraaa, gurunya cerita Aira langsung tersenyum lebar sekaliiii hahahaa....Jadi nih anak gampang banget mewek, perasa banget, kalo ada yang ga berkenan langsung dah senjatanya keluar. Tapi juga paling demen di puji, kalo dia di puji langsung deeeh senyum-senyum malu-malu kucing :)





Untuk nilai adaptasinya juga banyak kemajuannya. Tinggi badannya sekarang 102 cm & bbnya 16,5 kg. Pantesan aja sekarang kalo gendong Aira engap banget.



Dan ini dia buku-bukunya Aira sama mamanya difotoin buat kenang-kenangan. Soalnya ntarnya uda bisa dipastiin tuh buku bakalan ilang-ilangan entah kemana. Sekalian buat ngliat perkembangan dari awal masuk sampe akhir skul di PG  :) 


Awal-awal sekolah begini lah Aira kalo mewarnai :) 


Warnain pake crayon juga ga kalah 'jagonya' :P




Sekarang makin oke ngewarnainnya loh :)

 

 kalo pelajaran melipat & menempel, dari awal mah Aira demen, makanya nilainya lumayan lah membuat mamanya selalu tersenyum tiap tanda tanganin bukunya  :)







 menempel mozaik dapet B teruus..malah sempet dapet B* loooh

Menghubungkan titik-titik:)


 

menulis 




Nah yang ini dooonk...gurunya sampe kasi note "LAZY" hehehehe
tapi liat dooonk yang star oks banget yak :)

 di semester II mulai ada pelajaran menggambar...mamanya takjub koq gambarnya begini yak ? padahal kalo dirumah jago pisan gambar orang pake baju pinses. pas disuruh gambar gunung, rumah, koq begini yak hahahaha....

Demikianlah ulasan Aira di tahun pertamanya sekolah:)

Semoga di TK A Aira semakin enjoy sekolahnya & semakin ga cengeng & semakin pintar tentunya:)


Love,
Ma

4 comments:

Clo said...

wah lengkap banget dokumentasinya..
gw cuma rajin pas awal2.. sekarang sih udah engga hahaha...

Cyntha said...

xixixi...ini gw fotoin pas bukunya dibalikin semua xiao. Sblm2nya mah ga pernah :p tiap abis td tgn besokannya balikin ke gurunya. malah ada bbrp x kelewatan ga gw td tgn hahahaha

Once in a Lifetime said...

Good job Aira. Kayaknya Aira berbakat seni tuh Cyn.

Itu field tripnya kok jadi jalan2 sendiri haha.. Untung ortu ikut, atau emang diwajibkan ikut. Kalau sekolah Denzel dari Nursery pun ortu dan BS dilarang ikut kalau field trip biar anak2nya mandiri.

Cyntha said...

xixixi...iya tau tuh skolahnya. gw kira jg jalan bareng, ga tauny acara bebas gitu :D kalo PG wajib didampingin. kalo tk ga diwajibkan ^^