Pages

Sunday, February 13, 2011

millions thanks for You (apdet foto)

Entah bagaimana lagi aku berterima kasih padaMu...

Sabtu, tanggal 12 Februari 2011 jam 23.15

pa lagi di ruang komputer, aira lagi asik nonton playhous* di kamar pama, ma lagi di ruang tv lagi nglipet sprei buat ngado temen ma yang merit beberapa minggu lalu n ma ga bisa dateng...

lagi asik-asiknya kita dengan kegiatan masing2....tau-tau dikagetkan dengan bunyi saklar listrik anjlok dan sekejap seisi rumah gelap. Spontan gw beranjak berdiri n masuk kamar takut Aira panik sendirian di kamar. Dan bener aja ga berapa lama Aira nangis. Gw berdiri di ujung ranjang biasa dia turun sambil siap2 gendong dan berpikiran mati lampu biasa dari PL* "ayo sini ra...ga pa pa 2x ada mama" Sambil nangis, Aira nyamperin ke arah gw n gw gendong. Sekelebat gw mencium bau aneh...langsung kepikiran jangan2 tv di kamar konslet. Buru2 gw keluar mo ngasi tau laki gw.

Belum sempet gw sampein bau yang gw cium dikamar. Ternyata laki gw lagi buka kamar sebelah (kamar Aira) dan api uda berkobar di ujung kamar. Paniklah gw...apa yang harus gw lakukan. Gw panik kalo2 tuh api merembet kemana2...untungnya laki gw sigap...dia nyuru gw ambil aer "ambil aer ambil aer buruan" sambil dia masuk ke kamar ngawasin kobaran apinya.

Sambil tergopoh2 gendong Aira, gw lari ke dapur n kayak orang linglung...bingung mo ngambil aernya pake apa...untunglah sedikiiit akal sehat gw masi jalan....gw berbalik n menuju ke arah tempat cuci baju n ngambil ember kecil yang biasa buat Aira mandi. Gw buka kerannya....begonya lagi, gw mo nunggu sampe embernya penuh bisa-bisa tuh api keburu menjalar kale... ga brapa lama laki gw teriak lagi "uda sini sini ga usah sampe penuh" gw angkat tuh ember yang baru keisi setengah n serahin ke laki gw. Gw balik lagi ke tempat cuci, ambil ember yang laen n gw isi aer lagi. Aira masi nangis di gendongan gw....

Ga berapa lama kobaran apinya padam "uda uda apinya uda mati" sambil laki gw jalan ke luar rumah nyalain saklar listriknya dengan gw ngekor mo ikutan keluar juga , tangan kanan gendong Aira tangan kiri masi nenteng ember kedua yang dah keisi aer separo. Untungnya listrik kembali nyala n Aira langsung brenti nangisnya.

Kita masuk ke rumah, Aira gw turunin dari gendongan n teriak horray...sungguh polosnya engkau nak nak ga tau apa yang barusan aja terjadi samar-samar seisi rumah tercium bau kabel yg habis terbakar tadi n asap mulai ngepul mengitari seluruh ruangan. Langsung gw bilang ke laki gw buat ngungsi ke rumah nyokap (yang mana hari ini nyokap gw lg di pwt. yg ada di rumah cuma ko2 n ci2 gw) Dengan masi gemeteran, lemes, lega bercampur jadi satu, gw nyiapin baju n pampers sekenanya aja buat diboyong ke rumah nyokap.

Buru-buru gw gendong Aira lagi n baju yg uda gw masukin kantong gw tenteng. Asli seluruh badan gw masi gemeteran, n gw brasa muka gw pasti kliatan tegang banget. Sesekali Aira ngliat gw dengan curious gitu pas jalan ke arah rumah nyokap...biar dia ga curiga gw bales dia dengan senyum yang gw paksa2in terlihat seolah2 nothing happen ^_^

Kunci yang biasanya gampang kebuka, tadi susaaah banget kebukanya. Ditambah Aira ga mau turun dari gendongan. Gw ketawa campur pengen nangis campur kepikiran apa jadinya kalo ini terjadi pas ga ada orang dirumah, dll dll...Untungnya dari rumah, ci2 gw buka pintu, dia keheranan "ngapain lu dateng dah malem juga" Dengan terengah2 jantung masi berdetak kenceng banget seolah2 tuh jantung mo keluar...gw jawab "rumah gw hampir kebakaran..rumah gw hampir kebakaran" trus sambil masuk rumah gw crita dah ke cici gw

"Tuh gara-gara itu tuh. uda deh mending dicabut deh tuh...bahaya" sambil semangat gw nunjuk ke benda yang di rumah nyokap juga ada n di taro di meja tv.

Flash Back...

Critanya di kantornya dia tuh lagi ngetrend alat yang bisa buat bayaran listrik jadi ga mahal, save energy gitu lah. gw ga gitu jelas dah. Pokoknya intinya bayaran listrik jadi murah dah kalo pake alat ini. Bentuknya kayak batu bata, travometer gitu....Nah nih alat kudu dicolokin terus, ntar tagihan elo jadi lebih murah. Temen2nya dah pada buktiin. Tertariklah gw...nitip dibeliin lah gw.... dah dari bulan lalu tuh barang diserahkan ke gw....dan dah pernah gw tanyain ke laki gw mau ditaro dimana tuh barang....dijawab laki gw masi bingung mau taro dimana....hari demi hari tuh barang nggletaaak aje di gudang ga dipake2...sampe akhir bulan kemaren nyokap ngasi kesaksian tagihannya lumayan turun pake tuh alat. Kembali teringatlah gw tuh alat blom gw pake...n gw juga pengen donk secepatnya merasakan tagihan listrik gw turuuun...Dengan inisiatif gw sendiri, gw cari tuh alat di gudang, gw muter2in beberapa ruangan, nyari2 saklar yang kira2 bisa gw colokin nih alat. Pilihan gw jatoh di kamarnya Aira, karena pas banget deket colokan ada lemari plastik dimana tuh alat bisa nangkring dengan nyamannya. Ga ada yang komentar gw naro tuh alat di situ. Sampe hari ini terjadilah insiden yang tidak diharapkan.

Ga berapa lama, laki gw nelpon nyuru gw sama Aira nginep di rumah nyokap aja, karena asapnya ngepul banget n bau banget ga ilang2. Yasutra lah akhirnya gw bolak balik beberapa kali ngambil perlengkapan perang Aira.

Sambil nenangin diri....gw berandai2....gimana jadinya kalo insiden ini terjadi tadi siang, dimana rumah lagi kosong....bisa2 gw melongo pas balik rumah dah rata sama tanah

or gimana jadinya kalo insiden ini terjadi pas kita lagi pada tidur semua....bisa2 semua status di fb isinya berita duka n kalian pada nangisin gw wkekeke

tapi ternyata Tuhan bae bangeeet sama kita...Dia ga mau ngliat gw melongo....Dia juga ga mau kalian mengeluarkan air mata buat gw ^^ sehingga semua malapetaka ini bisa ditanggulangi n ga perlu sampe memakan korban materi apalagi nyawa.

Tuhanku terkasih,

Aku tak pandai merangkai kata tuk ungkapkan rasa syukur ini...
Namun yang pasti...
Tak terhingga terima kasih ku panjatkan ke hadiratMu Tuhan...
Engkau telah menghindari kami dari malapetaka...
Kiranya engkau selalu menyertai dan melindungi kami selalu...
Agar kami lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi....

Amin

Suasana uda reda...
gw jg dah ga tegang2 amat...detak jantung jg uda mulai teratur meskipun masi rada cepet tinggal sisa2 lemesnya aja ^_^ gw, aira n cici gw uda di kamar. Idung brasa ga enak, masukkin jari ke idung, istilah bekennya ngupil hehe....korek sana korek sini sambil ngobrol kilas balik pristiwa tadi. Pas, ngliat jari...loh kok jari gw item yaaa...cici gw ngakak....ternyata gara2 kebakaran tadi, asepnya masuk idung n bikin dalem idung jadi pada item. Trus, gw liat idungnya Aira n gw coba bersihin sekitar lubang idungnya sih ga item. Tapi gw ga bisa ngorek sampe dalem. Semoga sih ga sampe dalem lah ya ^^

Kayak kontak batin aja ga brapa lama....laki gw nelpon "ta, coba kamu liat idungnya Aira, trus upilnya dibersihin tuh pada item ga. ntar asepnya masuk paru2 loh. Langsung gw ketawa ngebayangin dia ngupil n jarinya pada item ^_^

ini dia penyebabnya....


bagian dalemnya gosong dah kayak arang n kabelnya leleh kebakar



di atas lemari ini gw taro tuh alat..untung (emang dasar org jawa dah gini aje masi bisa untung hehe) lemari n baju2 Aira blom sampe kebakar. Wuiih kalo kebakar mah tambah susah pademin apinya. Thanks God


Untungnya lagi api di kabel blom sampe merembet ke saklar loh. kalo sampe ke saklar mah sekarang rumah gw mati total kale. entah uda jadi apa dah rumahku inii :( Thanks God bangeeet



18 comments:

ameykiyut said...

ya ampun Cyn, serem amat ya..untung gak kenapa2 ya :(

Pucca said...

astaga.. sukur banget ya cyn, semua beres, gua bacanya juga serem, emang alat itu bisa kebakar gitu maksudnya?
gua juga ada deh bentuknya kotak gitu kan, gua colok dimana tuh udah lama sih tapi gak pernah ada kejadian apa2, gua kira alat itu gak efek..
thanks god semuanya baik2 aja yah..

pinkbuble said...

God is good ya cyn :))
Ga pernah too late pertolongannya itu.

Veny said...

ngeri ya Cyn , yg namanya konslet listrik emang tak terduga seremm .
moga2 jadi remind ke kita2 spy berhati2 .
syukurlah smua bs diketahui dgn cepat n ada laki lo

Cyntha said...

@ amey, iya thanks God bgt...jgn kasitau nyokap gw ye mey. takut ntar dia ga tenang disono. ntar aj taunya kalo dah di jkt aja :)

@ viol, iya vi lu liat dah tuh fotonya...mending dicabut dah vi kalo rmh kosong^^

@ el, iya el, dr pagi gw jg terngiang2 terus lagu itu. gw brasa ya ampuuuun Tuhan baeeee banget. nih gw abis donlot lagunya :)

@ ven, asli serem ven. untung bgt kita lg pd dirumah :D smoga sih Aira ga inget n ga trauma :)

Arman said...

waduh.... untung gak kenapa2 ya... thank God!!

emang kudu ati2 kalo pake alat2 yang begitu. maunya buat berhemat, tapi kalo sampe meledak gitu kan malah tekor ya...

well yang pasti, syukur banget deh semuanya baik2 aja....

daadaachan said...

Astaga Cyn, tegang banget. Gua juga jadi ikutan serem bacanya, tapi untung kalian ga kenapa2 yah. Mudah2an aja ga ada konslet lagi yah, jadi parno lama2 kalo kaya gitu, hehehe.

Ah Boy's Mom said...

waduh Cyn... gw baca aja sampe deg2an. mana liat fotonya jadi berasa tambah serem. Thanks God banget deh....

debby tondo said...

waduh serem banget tuh Cyn, berasa deh paniknya kaya apa ditambah deg2an n gemeterannya... untung semuanya baik2 aja ya :)

once_alifetime said...

Puji Tuhan semuanya baik2 aja!! Gua serem banget liat penampakan alatnya hbs kebakar begitu. Apa karena taruh di atas lemari plastik jadi kepanasan?

khatsa said...

Thank God, ga knapa knapa,cyn...serem bangett. Gw sempet kepengen beli alat itu. Tapi liat kejadian ini, ga jadi deh...

UNGGU said...

Thanks God banget semua teratasi. Tuhan baik banget yah.
Aduh Cyn... gw bacanya juga lemes deh. Gw inget dulu unit sebelah kebakaran ampe gw keluar kamar uda asep semua dan turun tangga dari lantai 14. Itu aja dah gemeteran, palagi elu yaaa...

nilola24 said...

Duhh..gue sampe ikut deg2an bacanya. Untung apinya cepet diatasi ya. Gue pernah denger dari beberapa temen yang pake alat ini juga. Katanya ini emang suka bikin konslet. Malah pernah ada sampe terlihat percikan api walaupun ga terbakar. Jangan di pake lagi deh, cyn. thanks for sharing anyway

Tha..^^ said...

astaga..untung ngga nyampe kenapa-kenapa ya mbak...
Tapi ntu alat ampe gosong kriwel gitu

Cyntha said...

@ arman, iya man. duh amit2 dah kalo sampe knapa2 *ketok meja berkali2*

@ lin, iya gw jd parnoan lin. was2 ninggal rmh kosong :)

@ len, gw aja sampe lemes len pas udahannya. kyk nih nyawa separo ilang, tangan gemeteran terus loh. bener2 thanks God. ga kebayang dah kalo sampe kenapa2 ^^

@ deb, pas kejadian sih gw brasanya cuma panik doank deb. pas udahannya lemeeezz hehe

@elisa, ga tau jg el, gw kpikiran nya kebakar gara2 ditaro di lemari plastik or gw pas kbetulan apes dpt brgnya ga bagus. soalnya temen ci2 gw ada yg ditaro diatas kulkas fine2 aj ^_^

@ kat, hehehe...ga tau jg sih kat. brgnya jelek or gwnya yg naronya salah (diatas plastik) :p

@ unggu, waduuh...lt 14 bow ngebayanginnya aj uda gempor gw. gendong Aira kemaren aje lemes apalagi turun dr lt 14 (plus gendong Aira). Bisa2 sampe bawah pengsan dah gw ^_^

th3sea said...

ya ampun,,, untung ga kenapa2 cyn,,,

gawat...

di rumah gua juga pernah tuh, dari kabel roll yang murahan, pas gua colok laptop, mendadak berasap.
untungnya ga sampai keluar api.

besok2 gua jadi pengen siapin alat pemadam kebakaran nih di rumah :(

yenni 'yendoel' said...

cynt, syukurlah saat kejadian ada orang di rumah. Puji Tuhan. Tuhan sayang pada keluargamu.
satu pelajaran penting, di rumah sebaiknya juga sedia "alat pemadam kebakaran" dulu di ortuku juga sedia 2-3 buah (soalnya rumah 4 lantai). ada "sumber api" yg boleh dipadamkan dg air. ada yg disiram air, tetap gak padam. untungnya si alat ini disiram air langsung padam.
aku juga baru 2 bulan lalu beli alat pemadam. bisa utk segala jenis sumber api. harganya gak mahal. tinggal "update" ganti isi per 3 tahun. juga ada dijual alarm utk mendeteksi kalo ada kebocoran gas LNG dalam rumah tangga. cuman aku gak beli...harganya juga gak terlalu mahal sih. cuman rasanya gak terlalu perlu aja.
satu lagi, kalo beli peralatan listrik, kudu check segala namanya watt, voltase .. apa jaringan listrik di rumah bisa meng-cover. colokan kabel sebenarnya juga ada spesifikasi lho. colokan kabel di ruang tamuku ternyata gak kuat watt-nya kalo dicolok dg AC gede (yg model berdiri) utk musim dingin (fungsi sbg heater). colokan kabel yg di dinding itu kebakar. tapi kalo dipakai waktu musim panas gapapa karena fungsi AC-nya beda (sbg pendingin, watt yg diperlukan gak segede kala dipakai sbg heater).
mungkin si alat penghemat listrik itu wattnya gak sanggup mencover / gak cocok dg watt yang di jaringan kabel listrik rumahmu, jadi kebakar. atau bisa jadi kualitasnya bermasalah. lain kali lebih hati2 aja cyn.
oh satu lagi.. kalo rumah lagi kosong, semua pada bepergian utk waktu yg lama; minimalkan fungsi alat listrik (kulkas kayaknya pengecualian yah) dan cabut semua colokan kabel. ini penting banget lho; namanya juga safety first.
sorry, cerewet nih

Y3nn1 said...

Waduh...bahaya banget. Untung suami lu sigap yah. Sekarang dah balik ke normal lagi kan?

Kemarin di rumah baru kita ini juga ada kejadian ama listrik. Ternyata MCB-nya panas dan meterannya ga jalan. Makin lama makin parah, ngidupin 1 AC aja stop kontaknya langsung balik. Kalo kelamaan ga ditangani katanya bisa kebakar juga tuh...sereeemmm...