Pages

Saturday, January 23, 2010

kdrt???


bukaaaaann...bukan kdrt ....
tau yang namanya gandongan? *nyokap gw nyebutnya gitu*

nah ini die niyy..gw baru pertama kalinya kena. sbelom2nya sih pernah denger lah, tapi ga tau kayak apa rasanya...waktu nyokap gw pernah crita nih penyakit, gw nganggepnya nih penyakit palingan cuman ada dikampung n jadul punyalah :D dan sekaraaaang....gw mengalaminya huhuhu.....

critanya tuh dari hari kamis badan rasanya uda ga enak. radang. nah gw pikir nih pengaruh radang jadi sekitar leher/rahang sakit. gw hajar minum y*u c, po*ari, n am*xillin. radangnya mendingan, tapi rahang tetep aja sakit/kaku2 gitu. buat ngunyah, rahang sakit kayak ketarik2 gitu.

nah, jumat paginya mulai deh tuh bengkak, kanan kiri pula. gw dah mo ke dokter aja rasanya *sakit bow* eh, tukang cuci gw mengingatkan nyokap gw, dia bilang jangan2 gw gandongan, barulah nyokap inget deh tuh. trus ternyata eh ternyataaaaa......obatnya aneh bin ajaib...pakee blao *pada tau ga blao apaan?* itu loh yang biru2 buat nyuci baju gituuu. diencerin , trus ditulisin cina. lah, gw mah kaga tau nulis bahasa cina, akhirnya gw nyuru laki gw tanya nyokapnya dia ngarti ga nih penyakit ginian. hasil dari obrolan mereka, ternyata katanya ditulisin tulisan macan pake bahasa cina, tapi ini sih kepercayaan orang2 jaman dulu, ga usa juga gpp
jadilah kemaren gw ngantor dengan sekitar rahang biru2 kayak abis dianiaya :) trus juga badan kayak orang meriang, asli ga enak bangeet dah.

nah, kalo si elsiey biasanya ngasi resep. sekarang gw juga ga mo kalah...gw juga mau ngasi resep, cuman bukan resep masakan hahahahaha.....

obat non medisnya orang2 jadul *kalo obat medis boleh tanyakan ke dr elisa* :D
blao diencerin pake sedikit cuka n aer. trus dioles2in deh tuh di daerah yang sakit n bengkak. katanya sih 3-7 hari sembuh, tergantung bengkaknya gede ga. trus kata mertua gw, kalo kenanya satu doank, brarti mesti kena yang sebelahnya dulu baru deh sembuh. nah, karena gw langsung kena dua2nya, ya brarti lebih cepet sembuhnya *amiiin*

nah, yang gw masi penasaran, penyakit ini disebabkan karena apa ya? n obatnya secara medis apa sih ya? kemaren sih, temen gw cuman ngasi tau suru minum vitamin imboost buat daya tahan tubuh aj...ada yang tau gaaaa??? *nglirik2 bu elisa*

17 comments:

once_alifetime said...

Duh kasiaaan, cepat sembuh ya! Ini kalau dari cerita dan sepintas lihat foto kayaknya sih gondongan alias mumps alias parotitis. *kalau mau akurat ya harus liat langsung ya*
Aira udah vaksin MMR belom? kalau belom ya kemungkinan besar kena jg:(

Kuliah singkat *kok perasaan jd dosen he..he* : mumps disebabkan virus yang menyerang kelenjar parotis (liur) dengan gejala pembengkakan pipi dkt leher, bisa sebelah tapi 80-90% kiri dan kanan, terus demam, sakit kepala, sakit menelan, nggak nafsu makan, lesu dll. Penyakit ini menular lewat air liur bisa dari batuk, bersin, makanan dan ciuman ehm..ehm..

Hati-hati pada remaja pria dan pria muda komplikasi kalau kena mumps adalah orchitis (radang testis). Penyakit ini sembuh sendiri dan nggak ada obat spesifik paling obat utk hilangin gejalanya : paracetamol kalau demam. Yang penting banyak istirahat dan banyak minum.

Soal blau itu waktu kecil gua jg pernah dikasih:) tapi secara evidence base medicine (western) hanya sugesti aja:P

yhalim said...

Bener tuh, gondongan aka mumps. Vaksin MMR.
Ati2 jgn deket2 aira kalau blm vaksin cyn.

Cepet sembuh ya..

Cyntha said...

ini dia nih salah satu keuntungan ngeblog, bisa kenal ama bu dokter :D

@ elisa, thanks bgt buat penjelasanya :D duuh..aira blom MMR el, n kmaren2 gw uda cium2an lg ama si unyil. gimana niiiihh??? nyegah biar ga kena gimana ya? kasi vitamin gitu or apa gitu?

@yulia, thanks ya buuu :)

Yenny - Fidel said...

iya tuh Cyn, setahu gua gondongan / mump, bisa nular tuh, hati2 si Aira.
Temen gua dulu pernah kena, dia ke dokter sih dikasih obat gitu, trus kata dokternya kalau cowo yg kena, mesti hati2, kalau yg blm punya keturunan, bisa jadi bakalan susah dapat keturunan.

Kalo cewe yg kena sih masih gpp.

Mengenai blau cuci itu juga sering denger, konon gondongan ini dalam bhs cina namanya penyakit "kulit babi", jadi biar babinya takut, mesti ditulisin huruf cina 'macan' n yg nulisnya mesti yg bener2 shio macan biar lebih ampuh. Hahaha...gak tahu beneren apa gak, anyway gak ada salahnya dicoba yah

once_alifetime said...

Cyn, kalau pun kena biasanya anak kecil gak berat kok, kalau mau daya tahannya dijaga aja dgn istirahat ckp, minum suplemen etc

Cyntha said...

@ yenny, hahaha...kalo kata ade ipar gw, macan lg ngamuk, makanya di tulisin macan...gw cuman pas pertamanya doank ditulis, udahannya kaga, trus bis baca penjelasanya elisa, katanya cuman sugesti, gw males ngolesinnya. lagian pipi gw mulai brasa gatel2 gimanaaa gitu :)

@elisa, tengkyu bangeet yaaa dah mo bagi ilmu :) iya nih gw dah ga bengkak lg, mkn jg uda ga brasa sakit, cuman kalo dipegang masi rada brasa sakit gitu sih :)mudah2an aira ga kena deh. pasti kasian kalo anak kecil yg kena *emaknye ikut repot hehehe*

Arman said...

iya kayaknya gondongan tuh ya...
bisa nular lho. jangan dicium2in dulu...

ya moga2 cepet sembuh ya!!

Michelle Angelee said...

Lah...ternyata gondongan ya... jadi syerem niy soalnya dah 2 hari ini daerah leher depan kog terasa sakit mendadak n kayak ketarik2 klo lagi nguap or makan. Duh... moga2 gak gondongan ah... syerem ....
Moga2 cepet sehat ya non.....jangan sampe nular ke Aira d.... GBU

BabyBeluga said...

duh.....get well soon yah

Y3nn1 said...

baru tahu sakit kaya gini nih...moga cepat sembuh yah..

Veny said...

ha22 bu dokter Elisa kasih jawaban secara medis ... hua222
semua dokter yah pasti gt yah , mana ada acara pake blau .. meski pake Blau ampuh juga yah ! he222
semoga cepet sembuh Cynt !!

thesalem said...

gw dulu waktu kecil juga digambarin macan pake bleu dan cuka..gak tahan baunya yah cyn :P

semoga cepet sembuh yah.

Ferie, Riana & Cyndie said...

Cepet sembuh ya Cyn...gimana hari ini..dah berkurang blom tuh bengkaknya??

kalo di kampung dulu emang ingetnya pake blau ya hehe...

pinkbuble said...

Cyn, cepet sembuh yah..wuaa..kita untung yah, ada bu dokter di blogroll kita..sebagai orang awan kan perlu penjelasan medis gini...^^

Cyntha said...

@ all, tengkyu...akyu sudah sembuuuhhh koq :D untungnya *halah sakit koq masi bilang untung hehe* bengkaknya gw ga terlalu gede. jd hr ke5 dah ga sakit :D

@ yolan,gimana lu? bukan gondongan lah ya?

@ y3nn1, gw uda sering denger. tp br pertama kali n moga2 trakhir nih ngrasain :D

@ maryna, bener bangeet bau n lama2 gw gatel kulitnya *maklum kulit princess hahahaha*

@ riana, iyeee...semua org awam bilangnya pake blau :D

@ elrica, lucky us :D soalnya gw penasaran ama nih penyakit...

yenni 'yendoel' said...

halo cyn! pe kabar? iya, bener, kasih blao. waktu kami kecil juga gondongan, semua pernah kena, kecuali adik yang bungsu, gak pernah kena. dikasih air, terus dioles2 di dagu.tapi gak perlu pakai tulisan cina kok..wakakakakaakk... ada2 aja. masak gondongan takut sama macam...hehehehe...

ashleyprincess said...

ini gw jg dah pernah kena , waktu kecil dulu.. ud lupa sih rasanya kaya apa, cuman inget pas dikasih blao biru en ditulisin huruf cina doang :0)