Pages

Wednesday, November 24, 2010

KUIS : dah mau ulbul ke-33 nih si unyil....

Ga brasa yah kayaknya baru kemaren masuk 2010...tawu-tawu dah november azaa ^_^
Hmmm...November 2010 yah?? brarti tanggal 29 ini Aira bakal 33 bulan....cepet yah ga brasa loh :) yang paling keliatan kemajuannya saat ini, Aira makin pinter ngomong.

Jujur gw rada ketar-ketir sebelumnya, karena gw menyadari Aira telat banget bisa ngomongnya. Dimana anak-anak seumuran Aira bahkan yang umurnya dibawah dia dah pada jago ngomong...Aira masih blom bisa ngomong. Orang-orang di sekitar gw sering bangets cerita anak si anu pinter ngomongnya, anak si ini dah bisa jawab loh kalo ditanya blablablabla. Alamaaak sebeeeeeeeeeeel banget ngedengernya dweeh. Siapa sih yang ga pengen anaknya pinter ngomong. Mbok ya jangan diulang2 terus toh yooo...akyu pan jadi sensi lowh...tapi gw hanya bisa senyum manis semanis dirikyu ^^,

Blom bisa ngomong disini yang gw maksud itu loh misalkan Aira minta diambilin barang, Aira maunya nunjuk sambil jerit2 uuuuhh eeeeh gituuu...Pernah gw ngobrol2 ama maminya o'i n dia bilang coba pas anak minta sesuatu, dia kudu nyebutin dulu barang yg dimauin itu, sambil kita kasi tau nama barang yang dimauin. Gw praktekin, kalo gw minta Aira ngasi tau *setidaknya bilang itu/ini* Aira ga mau bilang. Yang ada malah dia nangis kejer. Ribet dah gw ngedengernya, akhirannya ya gw ambilin aje barang yang Aira mau tanpa dia nyebutin :p

Dulu juga Aira susaaah bener ngerespon kita. Dipanggil ga mau noleh :( Kekhawatiran gw bertambah pas waktu itu gw pernah konsultasi ke DSA-nya Aira mengenai hal ini, DSA-nya Aira bilang kalo sampe umur 3-4 thn blom ada kemajuan, Aira mesti di terapi. Doooooh...denger kata terapi aje gw dah jiper, karena pemikiran gw berarti anak kita dah ga wajar sampe perlu ke terapi sgala. Plus lagi gw pernah searching anak yang ga bisa ngomong (bukan bisu loh ya) ada kecenderungan autis. Haiyaaaaaa makin pusing lah gw. Untungnya kalo gw lagi berkeluh kesah ke nyokap koq Aira masi ga bisa ngomong (yang bisa kita mengerti) n gw takut kalo Aira autis, dia membesarkan hati gw, dia bilang jangan mikir yang macem-macem, percaya sama yang diatas aja kalo Aira pasti bisa ngomong cuman terlambat aja bisanya.

Pencerahan datang waktu sodara gw yang di Mojokerto ke Jakarta beberapa bulan yang lalu. Pas dia ngeliat Aira ngomongnya blom lancar, dia langsung cerita kalo dulu anaknya juga gitu, telat ngomongnya. Dia nganjurin suru gw coba beli nih obat/vitamin buat Aira, karena pengalaman dia ngasi nih vitamin, anaknya jadi lancar ngomongnya. Wah, seneng banget dunk gw dapet masukan ini n emang bener dah terbukti ke anaknya. Mulai deh tuh gw cari di apotek2 deket rumah, ternyata ga nemu boow. Malah ada yang ga tau nih vitamin :( Mulai hopeless lah gw. Tinggal satu apotek (yang menurut gw) besar n lengkap yang jadi harapan gw buat nemuin nih vitamin...kalo sampe ga ada juga binun deh gw, jangan2 uda ga diproduksi lagi, karena anaknya itu udah umur 18 taonan sodara-sodarah :p

H2C gw jabanin tuh apotek di tanjung duren, gw tanya mbanya. jreng-jreng....si mba ngasi unjuk n 100% sesuai dengan yg gw cari. Senangnya hati inih :D Harganya yang cukup muahal untuk ukuran vitamin anak2 tak kupedulikan *jatah obat gw masi ada soalnya, kalo dah abis yaaaa gw peduli hehehe* Mulai deh tuh hari demi hari telaten ngasiin nih vitamin ke Aira dengan berharap dan berdoa obatnya manjur biar Aira cepet lancar ngomongnya.

Dan saat ini, gw bener-bener thanks God banget...kekhawatiran gw perlahan-lahan (namun pasti) mulai sirna. Aira dah banyak kemajuannya, meskipun blom bisa diajak curhat2an menyusun kalimat, tapi uda banyak kata-kata yang Aira ngomongnya dah jelas kayak topi, susu, elephant, bus, 123, one, two, pipis, baju, mata, bau, nasi, ayam, macan, bebek, kupu-kupu, baiklah, how are you, lets go, go home,pedes, bye,okey, smile, keju, ijo, oh no...n masi banyaklah yang lain yang cukup jelas ^_^

Namuuuuuuuun.....ga kalah banyak juga loh kata-kata yang Aira ucapkan masi cuman segelintir orang yang bisa ngerti :D Naaaah....dalam rangka menyambut ulbul Aira yang ke-33 inih n dalam rangka gw mensyukurinya, gw mengundang temanz blogkuh inih untuk uji nyali *halah* menebak kata-kata yang sering diucapkan Aira yang blom jelas inih ^^, misalkan : aiya -> aira

boti ceneng bowa bapu pwiis totowa guwing munnuy hayoo tuwis minyum kami mos hayimow awowo aiskim poyoyo ampu inyum jiji dinyin tuwi jowo koto ijung pece biO cati muyut bayon iku sowi papat yima

Siapapun boleh ikutan kuis ini dimanapun kalian berada...baik yang ada di blog list gw maupun yang ga ada di blog list gw, baik yang pernah comment maupun yang cuman pasif reader...asalkaaaaan punya alamat pengiriman hadiah di Indonesia ya ^_*

Cuman bole jawab 1x aja ya. misalkan dah nebak 10 kata, terus dapet ilham n mo nebak lagi, tebakan yang kedua meskipun ada yang bener, ga di itung ya...

Pemenangnya adalah yang nebaknya paling banyak bener. Kalo sampe ada lebih dari 1 orang jawaban benernya sama, maka akan diambil orang yang duluan comment.
misalkan : si A nebak benernya 10 terus si C : nebak benernya juga 10, tapi berhubung si A comment duluan, maka pemenangnya si A. Paham kan maksud gw ^_^


Kuis ini ditutup hari Senin tanggal 29 November 2010 jam 10.10 wib *tepat tanggal n jam Aira nongol di dunia ini*

Pemenangnya boleh pilih 2 dari hadiah dibawah ini :
1. Botol minum dari Tupperware
2. Buku Gokil's Mom *mey, finally i found it*
3. produk dari Oriflame *namanya gw lupa ntar gw liat katalognya dulu*
4. sepasang sarung bantal & guling

Pengumuman pemenang akan diberitahukan segera setelah kuis ini di tutup *ya iyalah* dan disahkan (tidak) didepan pejabat notaris setempat ^_^

Peserta tidak dipungut biaya apapun juga.
Biaya hadiah ditanggung oleh pihak penyelenggara
Hati-hati dengan segala penipuan yang mengatasnamakan kuis ini ^_^

Ditunggu nyali kalian buat nebak kuis inih ya ^^

Terima kasih atas partisipasinya yo ^^
Panitia penyelenggara - mamana Aira yang manis, cantik dan baik hati

26 comments:

Anonymous said...

Duile jangan kawatir Cyn.. Samu umur 3 baru bs ngomong! Dan skrg bawelnya amit2 gw pusiiingg ahahaha. Dulu pas dia umur 2, pediatrician gw suruh tes autism tp gw tolak mentah2... suruh terapi jg gw ga mao. Bknnya gimana.. cm gw merasa kl gw ikutin tuh tes, trus terapi, yg ada mah Samu ntar malah berasa "aneh" kan? Soalnya kl masalah ngomong emg kata pediatrician yg satu lg, emg nunggu kesiapan anak (ky kl potty training aja.. selama anaknya siap, bisa lgs ekspres hahaha).

Gw ikutan tebak yaaa, nogmong2 itu satu kalimat atau gimana? gw aga2 bingung. Tp iseng2 ah nebak hehe

boti (roti) ceneng (seneng) bowa (bola) bapu pwiis (please) totowa (trotoar) guwing (guling) munnuy (mundur) hayoo (halo) tuwis (tulis) minyum (minum) kami (kamis) mos (mouse) hayimow (harimau) awowo (ga tau hahaha) aiskim (ice cream) poyoyo (pororo) ampu (ampun) inyum (cium) jiji (jijik) dinyin (dingin) tuwi (jowo (jorok) koto (kotor) ijung (idung) pece (pencet) biO (ga tau juga..) cati (cantik) muyut (mulut) bayon (balon) iku (ikut) sowi (sorry) papat (empat) yima (lima)

Eh ngomong2 itu daftar omongan Aira udah BANYAK YAAAA... Samu pas seumur Aira mah boro2 ngomong 10 kata... disuru ngomong malah sama tu nangis dan ngambek2 hahaha.

Amey said...

Coba ya hhehehe

Boti : roti
Ceneng : seneng
Bowa : bola
Pwiss : please
Bapu : sapu
Totowa : sekolah
Munniy : bunyi
Guwing :guling
Hayoo : hallo
Tuwis : tulis
Minyum : minum
Kami : coming
Mos : mouse
Hayimow : harimau
Awowo : agogo
Aiskim : eskrim
Poyoyo : pororo
Ampu : lampu
Inyum : minum
Jiji : jijik
Dinyin : dingin
Tuwi : duit
Jowo : jorok
Koto : kotor
Ijung : idung
Pece : pegel
BiO : beol
Cati : cari
Muyut : mulut
Bayon : balon
Iku : ikut
Sowi : sorry
Papat : empa
t
Yima : lima

maryna roesdy said...

Ikutan ah secara gak pernah 1xpun ikutan kuis elu.

roti, seneng, bola, batu, plis, guling, ayo, tulis, minum, come in, mouse, harimau, es krim, pocoyo, pororo, lampu, cium, jijik, dingin, cumi,kotor, hidung, pencet, mobil, mulut, balon, ikut,sori, empat, lima.

Kalau sering-sering diajak nonton Dora, ngefek gak Cyn? Dora kan sering tuh, 'katakan..., ayo ulangi katakan..' hehe.

Anonymous said...

haii, slam kenall.. met ulbull yaa unyill. Semoga menang!!

boti : roti
ceneng : senang
bowa : bola
bapu : sapu
pwiis : please
totowa : ketawa
guwing : guling
munnuy :
hayoo : ayo
tuwis : tulis
minyum : minum
kami : kami
mos : mouse
hayimow : harimau
awowo :
aiskim : es krim
poyoyo : pocoyo
ampu : lampu
inyum : cium
jiji : jijik
dinyin : dingin
tuwi : tulis
jowo : jorok
koto : foto
ijung : hidung
pece : pesek
biO : video
cati : sakit
muyut : mulut
bayon : balon
iku :
sowi :
papat : empat
yima : lima

haduhh susahh yaa.. tpi mencoba deh, semoga menang..

Anonymous said...

halaaaaaaaaaaahhh... ada ga yaaa kamus batita qiqiqiqi...
gua coba yaaa...

boti = roti
ceneng = cengeng
bowa = bawa
bapu = sapu
pwiss = pipis
totowa = cocoa
guwing = guling
munnuy = mundur
hayoo = halo
tuwis = tulis
minyum = minum
kami = mami
mos = mau
hayimow = harimau
awowo = auwo *tarzan*
aiskim = es krim
poyoyo = pocoyo
ampu = lampu
inyum = minum
jiji = cici
dinyin = dingin
tuwi = duit
jowo = colok
koto = koko
ijung = idung
pece = pecah
biO = biar
cati = cantik
muyut = mulut
bayon = balon
iku = itu
sowi = sorry
papat = empat
yima = lima

Pucca said...

itu bukan kalimat kan ya?
kata2 doank kan ya cyn..
oke deh gua tebak..
secara gua blom punya anak, ribet bener ya ternyata bahasa anak2 itu haha..

roti seneng bola batu please sekolah guling mundur halo tulis minum coming mouse harimau wouwou
es krim pocoyo lampu cium jijik dingin duit jorok kotor idung pesek beol kaki mulut balon ikut sori empat lima

Mamana Clo said...

waaaa... belom nyoba udah putus asa..
apalagi liat yg lain bisa nebak sebanyak itu..
gw jadi penggembira aja ah.. hahahhaa..

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

gapapa, emang anaknya belum siap ngomong jadinya rada telat. ntar kalo udah lancar malah pusing ga bisa di stop ngomongnya. hahahhaa...

boti (roti)ceneng (seneng) bowa (bola)bapu (sapu) pwiis (please) totowa (sekolah) guwing (guling) munnuy (mundur) hayoo (halo) tuwis (tulis) minyum (minum) kami (bakmi) mos (mouse) hayimow (harimau) awowo (cowok) aiskim (ice cream) poyoyo (pororo) ampu (lampu) inyum (cium) jiji (gigi) dinyin (dingin) tuwi (tulis) jowo (jorok) koto (kotor) ijung (idung) pece (pencet) biO (...) cati (cantik) muyut (mulut) bayon (balon) iku (itu) sowi (sorry) papat (pantat) yima (lima)

mamipapa said...

roti, seneng, bola, sapu, please, trotoar, guling, mundur, halo, tulis, minum, come in, mickey mouse,harimau, aauo suara monyet?, ice cream, pororo, lampu, cium, jijik/kotor, dingin, duit, jorok, kotor, hidung, pencet, burung beo, cantik, mulut, balon, ikut, sorry, empat, lima

duh sampe stress gw hahahah..tapi ada beberapa yg dia sebut sama tuh kaya clarissa...sabar cyn giliran dia udah lancar elo yg pusing krn ngomongnya kaga berenti :)

Desiana Tjhin said...

Hi Cyn,

Salam kenal yah. Selamat ulbul jg buat Aira.
Coba ikutan jawab yah.

boti roti
ceneng senang
bowa bola
bapu sapu
pwiis polisi
totowa trotoar
guwing guling
munnuy mundur
hayoo halo
tuwis tulis
minyum minum
kami coming
mos mouse
hayimow harimau
awowo
aiskim es krim
poyoyo pororo
ampu ampun
inyum senyum
jiji jijik
dinyin dingin
tuwi duit
jowo jorok
koto kotor
ijung hidung
pece pencet
biO
cati
muyut mulut
bayon balon
iku ikut
sowi sorry
papat empat
yima lima

Yulia said...

Hy cyn.. liat link kamu di pucca, langsung gw semangat. emang mata kuis an. haah. btw, gw jg lagi bikin kuis tuh,ikutan yak.

boti (roti)
ceneng (seneng)
bowa (bola)
bapu (sapu)
pwiis (please)
totowa (ketawa)
guwing (guling)
munnuy (mandi)
hayoo (halo)
tuwis (tulis)
minyum (minum)
kami (kami)
mos (mouse)
hayimow (harimau)
awowo (pororo)
aiskim (ice cream)
poyoyo (pororo)
ampu (ampun)
inyum (senyum)
jiji (jijik)
dinyin (dingin)
tuwi (tulis)
jowo (jorok)
koto (kotor)
ijung (idung)
pece (peace)
bio (biru)
cati (cantik)
muyut (mulut)
bayon (balon)
iku (ikut)
sowi (sorry)
papat (empat)
yima (lima)

eny said...

Ah tenang aja cyn... sante lah... selama dia ngerti apa yang kita ngomongin ke dia, ga papa koq. Soal ngomong keluarnya tinggal tunggu waktu aja...

Dhea dulu sampe hampir 2 thn juga belom bisa ngomong samsek. Kuatir kan gua. Tapi kalo disuruh ini itu dia ngerti. Tapi tiba2 pas mau 2 thn itu dia langsung pinter ngomong, sampe sekarang awel banget. hihihi... kalo udah waktunya langsung nyerocos koq, sampe lu kualahan lah.... :)

Gua ikutan ah...
boti (Roti)
ceneng (Seneng)
bowa (Bola)
bapu (Satu)
pwiis (Pliease)
totowa (sekolah)
guwing (guling)
munnuy (mundur)
hayoo (Halo)
tuwis (yulis)
minyum (Minum)
kami (coming)
mos (mouse)
hayimow (harimau)
awowo (auooo)
aiskim (es krim)
poyoyo (pororo)
ampu (lampu)
inyum (cium)
jiji (jijik)
dinyin (dingin)
tuwi (duit)
jowo (jorok)
koto (kotor)
ijung (hidung)
pece (pensil)
biO (beol)
cati (cantik)
muyut (mulut)
bayon (balon)
iku (ikut)
sowi (sorry)
papat (empat)
yima (lima)

Selvi said...

tadi pagi gua buka baru 4 komen, eh pas gua mau nulis komen si bos datang jadinya terpending sampe skrg udah banyak yg jawab. huhuhu.

ikutan tebak ah:
boti = roti
ceneng = senang
bowa = bola
bapu = garpu
pwiss = pipis
totowa = kecoa
guwing = guling
munnuy = mundur
hayoo = hallo
tuwis = tulis
minyum = minum
kami = kamis
mos = mouse
hayimow = harimau
awowo = setan disebut juga momo
aiskim = es krim
poyoyo = pororo
ampu = lampu
inyum = cium
jiji = jijik
dinyin = dingin
tuwi = tulis
jowo = cowo
koto = kotor
ijung = hidung
pece = pesek
bio = biru
cati = cantik
muyut = mulut
bayon = balon
iku = itu
sowi = sorry
papat = empat
yima = lima

duh cyn kuis nebak katanya susah. tapi gua pantang menyerah.

Shanni said...

boti (roti) ceneng (seneng) bowa (bola) bapu (sapu) pwiis (please/peace) totowa (trotoar) guwing (guling) munnuy (mundur) hayoo (haloo) tuwis (tulis) minyum (minum) kami (kamis) mos (mickey mouse) hayimow (harimau) awowo () aiskim (es krim) poyoyo (pororo/pocoyo) ampu (lampu) inyum (senyum)jiji (jijik) dinyin (dingin) tuwi () jowo (jorok) koto (kotor) ijung (idung) pece (pencet) biO () cati (cari/cantik) muyut (mulut) bayon (balon) iku (itu) sowi (sorry) papat (empat) yima (lima)

ajeeee gile susah aje nih kuis hehehehe tapi ya itu lah pendapat gw sejurus dengan perbendaharaan kata micha dulu hahaha :)

udah banyak donk tuh bu, bagus juga tuh vitamin ya :D mahal juga ga apa2 dah yg penting aira bisa ngomong yeeee :)

Cyntha said...

@ tine, iya tine gw jg ngrasa gimanaaaa gitu :) pegimane ga kawatir tine bis anak yg 3-4bln dibwh aira aj dah jago banget nyerocosnya :) tapi syukurlah skrg dah byk kemajuannya :D

@ maryna, Aira ga demen dora buu...demennya barney, pororo yang ngomongnya inggris cepet. mangkenye ngaruh kali ye jd dia kalo ngomong abeblu abeblu yg gw kaga ngarti :p

@ ika, lam kenal juga ya :D link2an ya ^^

@ dessy, qiqiqiqi

@ xiao, ayo dunk bu dicoba aza kali aje malah menang ;D

@ desiana, hai lam kenal juga ^^ apa nih nama blognya? pengen mampir koq ga bisa :(

@ yul, lam kenal jugaa...segera meluncuuuur buat ikutan aaaaah :D

Cyntha said...

@ selvi, semangat! hehehe

Anonymous said...

Kenapa hadiahnya ada buku gw? *garuk2 pala* jangankan telat ngomong ya, waktu anak gw belon lahir aja gw dah kepikiran gimana kalo anak gw lahirnya autis? Emang autis ini mengerikan ya bikin parno... Pertanyaannya gak kurang banyak tuh? Gw jawab pake hp gimana ngurutinnya??? kejammmm... Besok deh gw jawanya dari kompie, kan belum deadline :p

yhalim said...

boti:roti ceneng:seneng bowa:bola bapu:garpu pwiis:please totowa:sekolah guwing:guling munnuy:mundur hayoo:haloo tuwis:tulis minyum:minum kami:come-in mos:mouse hayimow:harimau awowo:ayo bobo aiskim:eskrim poyoyo:pocoyo ampu:lampu inyum:minum jiji:jijik dinyin:dingin tuwi:tulis jowo:cowo koto:kotor ijung:idung pece:pencet biO:big cati:tadi muyut:mulut bayon:balon iku:ikut sowi:sorry papat:empat yima:lima

Y3nn1 said...

Ikutan ahh....tebak2 berhadiah ^_^

Boti = roti
ceneng = senang
bowa = bola
bapu = sapu
pwiis = please
totowa = coklat
guwing = guling
munnuy = mundur
hayoo = hallo
tuwis = tulis
minyum = minum
kami = coming
mos = mickey mouse
hayimow = harimau
awowo =
aiskim = ice cream
poyoyo = pororo
ampu = lampu
inyum = minum
jiji = gigi
dinyin = dingin
tuwi = duit
jowo = jorok
koto = kotor
ijung = hidung
pece = pencet
biO = b-i-n-g-o *lagu*
cati = cantik
muyut = mulut
bayon = balon
iku = itu
sowi = sorry
papat = empat
yima = lima

Cyntha said...

@ yenny, yaaaa kali-kali aje kecipratan royalty si pengarang :p eh, emang ini buku elo ya???? wkakakaka...ya abis gimana bu pan critanya jumlah pertanyaannya 33 disamain ama ulbulnya Aira ;D pengennya sih lebih banyak lagi hehehehe

Anonymous said...

boti(roti) ceneng(seneng) bowa(bawa) bapu(batuk) pwiis(please) totowa(kecoa) guwing(guling) munnuy(mundur) hayoo(halo) tuwis(tulis) minyum(minum) kami(coming) mos(mouse) hayimow(harimau) awowo(pororo) aiskim(es krim) poyoyo(pocoyo) ampu(lampu) inyum(senyum) jiji(jijik) dinyin(dingin) tuwi(tulis) jowo(jorok) koto(kotor) ijung(idung) pece(pencet) biO(beli) cati(cantik) muyut(mulut) bayon(balon) iku(ikut) sowi(sorry) papat(empat) yima( lima)

hadiahnya gw pilih buku ya cyn, ntar gw emailin alamat pengirimannya..wkwkwkwkw *ayo menang dong, gw blm pernah menang niy*

Once in a Lifetime said...

Haha.. susah amat iseng2 ikutan ya
boti, roti
ceneng senang
bowa bola
bapu bangku
pwiis pleaaase
totowa trotoar
guwing guling
munnuy mulai
hayoo halo
tuwis tulis
minyum minum
kami
mos mouse
hayimow harimau
awowo aurora
aiskim icecream
poyoyo pororo
ampu lampu
inyum senyum
jiji jijik
dinyin dingin
tuwi tuli
jowo jorok
koto kotor
ijung pece hidung pesek
biO beol
cati cantil
muyut mulut
bayon balon
iku ikut
sowi sori
papat empat
yima lima

Emang bener Cyn, tiap perkembangan anak beda2. Yang terpenting adalah banyak stimulasi misalnya kita sering bacain buku cerita, ajak ngobrol, nyanyi bersama dsbnya. Disaranin nonton TV dikurangi jamnya spy anak semakin aktif mengeksplorasi termasuk membuat kata-kata dan nada2 sendiri. Bener juga kalau anak mau sesuatu kita tanya namanya, tapi kalau dia belom bisa kita bantu dengan suku kata pertama atau kedua bila katanya panjang jadi anak tidak keburu frustrasi. Syukurah udah banyak kemajuan, vocabnya lumayan banyak.

Mommy Axel said...

Roti seneng bola sapu pleaseeee totowa guling munnuy hallo tulis minum kami mouse harimau awowo ice-cream pororo lampu inyum jijik dingin tuwi jorok kotor idung pesek bio cati mulut balon iku sorry empat lima

Anonymous said...

Waa Cyn.. susaah amat kuisnyaa.. gw ikutan ngeramein komen aje yah sehasil dah bnyk yg jawabin kuis :)

Tul bgt tiap anak kan unik Cyn.. Dah mulai bnyk vocab gini.. ga akan lama Aira pasti nanti nyerocosss nonstop :)

ps: penasaran vitnya isi apaan cyn?

Anonymous said...

huaaaaa...telattt deh gue. Baru buka jam segini. udah ga keburu ya. hiksss...apa boleh buat. Selamat ulang bulan ya, Aira. :)

Patzie said...

SEMOGA menaNG!!! *harap2 cemas*
boti = roti
ceneng=senang
bowa=bola
bapu= sapu
pwiis = pleaaase
totowa = kecoa
guwing = guling
munnuy = mundur
hayoo = hallo
tuwis = tulis
minyum = minum
kami
mos = mouse
hayimow = harimau
awowo = hayolo
aiskim = icecream
poyoyo = pororo
ampu = lampu
inyum = pinjem
jiji= jijik
dinyin = dingin
tuwi= duit
jowo = jorok
koto = kotor
ijung = hidung
pece =pesek
biO = bingo
cati = cantik
muyut - mulut
bayon = balon
iku = ikut
sowi = sori
papat = empat
yima = lima