Pages

Wednesday, January 26, 2011

cumi ( sosis ) saos padang



Uda beberapa kali gw bikin saos padang nyontek resepnya eny ^_^ biasanya gw pake kerang. Tiap mo masak gw dah prepare bumbu2nya lengkap, trus buka contekan dulu alias ngelink ke tempat eny :D Baru bikin dweh. Pokoknya patut di coba deh resepnya Eny ini ga bakalan nyesel ^_*

Nah, pas senen kemaren bis pulang kerja kangen pengen bikin saos padang kebetulan punya cumi di kulkas. Yasutralah...diniatin bikin dweeh seadanya bahan ^.^ Berhubung dah malem...n males buka2 inet dulu, bumbunya n bikinnya seinget gw aje :p

Pertama-tama cumi dibersihin dulu...nah ini nih bagian yang gw ga demen kalo masak cumi. Duh gw geli pisaan n baunya ga nahan euyyy. Alhasil kemaren itu gw minta nyokap yang bersihin. Gw tinggal masaknya sajah hehehehe....

Ini dia bumbu2 yang gw pake :

* 3 siung bawang putih di keprek
* 3 siung bawang merah, iris
* 3 lembar daun salam
* 6 lembar daun jeruk
* 2 btg sereh
* 2 cm laos
* 2 cm jahe
* saos tomat, saos sambel, n saos tiram + gula dicampur secukupnya sesuai selera

Cara Buatnya :
* Goreng cumi yang telah dibersihkan sampai kecoklatan, angkat, sisihkan.
Berhubung cuminya dikit, jadi gw campur sosis paskal wkekekeke
* Panaskan minyak, masukkan bawang putih, laos, jahe, sereh hingga harum
* Masukkan cumi + sosis lalu tuang campuran saos dan masukkan daun jeruk + daun sereh
* Aduk rata, tambahkan air secukupnya
* Cicipi. Kalau rasa sudah pas, Aduk sampai agak mengental
* Angkat, sajikan

Slruuup...so tasty padahal ini resepnya ga komplit loh apalagi kalo komplit :)

Thanks ya en, dah berbagi resep ^_*
Ini jadi menu andalan gw, soalnya tiap makan di seafood pasti deh masak saos padang Jadi gw demen banget bisa bikin ndiri :D

note : bagi yg mau nyobain resep aslinya klik ini aja

9 comments:

debby tondo said...

cumi kan bersihinnya gampang Cun, kalo amis sih emang amis namanya juga makanan laut tp rasanya enak kan??

Pucca said...

udah lama gak liat piring itu, dulu waktu kecil piringnya kan itu semua ya..
gua kalo cumi doyannya di goreng tepung cyn :D

Cyntha said...

@ deb, duh baru ngliat tintanya aja gw dah eneg geli deb :D ntar gara2 bersihin cumi trus gw jd ga doyan cumi pan berabe deb wkekeke

@ viol, embeeer wong itu dapet dr nyokap ^_^ cumi diapain aje gw doyan viii...bersihinnye yg gw ga doyan :p

Yenny Lesly said...

gw malah mending masak cumi deh daripada masak daging ato ayam.... Kalo udnag gw suka ngeri sendiri pas potong sunggutnya... Abis matanya melototin gw, kan gw jadi tatuttttttt :D

*mau komen pake open id susah bgt gak masuk2 :(

Tha..^^ said...

saya udah sering nyoba masak dan gagal total!! hahahaha
dan sekarang saya terkagum-kagum banget sama orang yang bisa masak enak, soalnya saya tau masak itu susaaaaaaaahhh

Selvi said...

cyn, gua kepikiran tadi masak sosis saos padang tapi ngebayangin ribetnya jadinya sosis digoreng saja. Gua udah doyan kok makan nasi dengan sosis dan sambel.

cumi dan sosis saus padang nikmattt. bagi gua dong biar gua review di blog gua :)

Cyntha said...

@ yen, hahahaha....kalo gitu gw makan cumi ditempat elo aje ye yen ;D

@ tha, daku jg ga jago koq tha n rajin masaknya jaraaaang kalo lg mau sajah hehehehe

@ sel, sensasinya beda sel kalo dimasak ;D elo sih kalo ketempat gw dadakan...ayo kapan kesini bilang2 biar gw siapin. pan elo tau gw masak ga tiap ari kalo pengen aje ^^

Patzie said...

aihhhh SEDAPNYE!!!!
sore2 gini bikin ngiler nih... boleh lah sekali2 dikirim ke rumahku cyn.. ato gak nti pas Gathering yah dikau bawa menu ini.. krn cumi fav gw.. mo diapain jg enak.. apalagi di PEDESIN!!! MUANTABSSSS

eny said...

hai cyn, sorri nih baru sempet mampir2 lagi. hihii...

Ternyata dikau sudah praktek ya?
Hmmm seems yummy. Jadi kepengen juga, pulang mampir kerfur ah beli sosis, kekekke