Pages

Thursday, September 16, 2010

sambal goreng kentang telor puyuh

Dah dari seblom liburan kemaren gw pengen bikin ini. Mulai tuh belanja belanji bahan-bahannya. Dan akhirnya hari ini kesampean dweh dinner ini :D


Bahan :
4 bh kentang, kupas, potong kotak, goreng sampai kecoklatan
20 bh telor puyuh, rebus, kupas kulitnya
15 ekor udang, kupas & buang kepalanya
1/2 ons daging sapi, iris kecil
1 bh paprika
3 lb daun salam
2 cm laos/lengkuas, memarkan
200 ml santan kental

Bumbu yang dihaluskan :
3 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 bh kemiri
9 bh cabe rawit merah (tergantung selera)
2 sdt garam
1/4 lingkaran kecil gula merah

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam dan laos sampai harum
2. Tuang sedikit santan, aduk rata sampai mendidih. Masukkan udang sampai berwarna merah 3. Masukkan daging, masak sampai berubah warna
4. Tuang lagi sedikit santan, lalu masukkan telor puyuh, aduk rata.
5. Kemudian masukkan kentang yang telah di goreng dan paprika
6. Masukkan sisa santan sampai habis, aduk-aduk agar bumbu meresap
7. Cicipi. Jika kurang asin/manis, tambahkan garam/gula sesuai selera
8. Didihkan sampai kering/sesuai selera (kalo gw masi agak becek)
9. Angkat. Sajikan

Selamat Makaaaaaan ^_^

6 comments:

BabyBeluga said...

Udah lama banget deh gua gga makan telur puyuh. Kebayang ya kalau gua masak telur puyuh dan gua bohongin anak2, kalau itu telur burung atau telur ular wakakak

bulanredup said...

aduhhh ngences gw... Tapi gw takut makan telor puyuh soalnya kolestrolnya tinggi banget... Katanya sih 1 telor puyuh = 5 telor ayam... Itu katanya lohhh.... :D

eny said...

hhhmmm.... seems deliciouso! jadi pengen makan ketupat pake opor sama sambal telor puyuh ini. huhuhu... lebaran kemaren ga kesampean. ga ada yang ngirimin gua ketupat. huhuhuu

Cyntha said...

@ sel, wkekeke...ada-ada aje lo bu :D

@ yenny, hohohoho...gpp lah kalo sesekali yen ;D

@ eny, hmmmm yoi kalo pake opor lebih nekmat en slruuup *duh jadi pengen lagi nih secara kemaren langsung ludes des des*

nadiafriza said...

minta izin kopi resepnya ya mbak :) resep keluarga ya? kayak nya enak deh hehe

btw itu puyuh nya kok kayaknya gede banget yaa :D

Cyntha said...

@ nadia, silahkan ^_^ efek kamera aj kali bu jadi puyuhnya kliatan gede2 :D